Gambaran Umum Akreditasi

Gambaran Umum Akreditasi

Akreditasi merupakan dukungan dari kompetensi, kredibilitas, independensi dan integritas dari badan penilaian kesesuaian dalam melaksanakan kegiatan penilaian kesesuaian-nya. Menurut definisi formal ISO, akreditasi adalah “pengesahan pihak ketiga yang berhubungan dengan badan penilaian kesesuaian yang menyampaikan demonstrasi formal kompetensi untuk melaksanakan tugas-tugas penilaian kesesuaian tertentu” (ISO/IEC 17000: 2004)

Akreditasi memberikan jaminan kepada pemerintah, bisnis dan konsumen bahwa organisasi memberikan sertifikasi untuk standar yang memiliki kompetensi yang diperlukan dan ketidakberpihakan untuk melakukannya terbukti dengan pemenuhan persyaratan dan standar internasional. Akreditasi membantu untuk mendukung kredibilitas dan kinerja barang dan jasa.

Penilaian InterConformity dan Certification Company diakreditasi oleh JAS ANZ, anggota IAF – International Forum Akreditasi dan penandatangan sejumlah perjanjian bilateral, regional dan internasional yang memberikan pengakuan internasional dan penerimaan sertifikat, untuk skema berikut: Sistem Manajemen Mutu (ISO 9001), Sistem Pengelolaan lingkungan (ISO 14001), Kesehatan Kerja dan Sistem Keselamatan (OHSAS 18001) dan Sistem Pangan Manajemen Keselamatan (ISO 22000).

Anggota IAF bekerja sama antara satu sama lain dengan basis diseluruh dunia untuk mencapai tujuan fasilitasi perdagangan umum dengan mengembangkan prinsip-prinsip dan praktek untuk melakukan penilaian kesesuaian yang akan memberikan kepercayaan diri yang dibutuhkan untuk penerimaan pasar.

IAF mempromosikan penerimaan di seluruh dunia, sertifikat kesesuaian yang dikeluarkan oleh lembaga sertifikasi terakreditasi oleh penandatangan IAF MLA dan berusaha untuk menambah nilai bagi seluruh pemegang saham melalui kegiatan dan program.

Hasilnya, slogan IAF menjadi sangat sugestif: “Certified Once, Accepted Everywhere.”

Advertisements